Film The Big Friendly Giant

Film The Big Friendly Giant

The BFG adalah sebuah film fantasi petualangan Amerika tahun 2016 yang disutradarai dan diproduseri bersama oleh Steven Spielberg, ditulis oleh Melissa Mathison dan berdasarkan novel dengan nama yang sama 1982 oleh Roald Dahl.

Film ii dibintangi oleh Mark Rylance, Ruby Barnhill, Penelope Wilton, Jemaine Clement, Rebecca Hall, Rafe Spall, dan Bill Hader. Dalam film ini, seorang gadis manusia yatim piatu berteman dengan seorang raksasa yang baik, dijuluki Big Friendly Giant (Raksasa Besar yang Bersahabat), yang membawanya ke Negeri Raksasa, di mana mereka berusaha menghentikan raksasa pemakan manusia yang menyerang dunia manusia.

Kathleen Kennedy dan Frank Marshall mulai pengembangan adaptasi aksi langsung The BFG kembali pada 1990-an, dan beberapa penulis skenario dipekerjakan untuk mengerjakan skenario di tahun-tahun berikutnya. DreamWorks memperoleh hak layar untuk buku Dahl pada September 2011, dan Marshall dan Sam Mercer bergabung sebagai produser, Mathison sebagai penulis skenario, dan Kennedy sebagai eksekutif produser.

Spielberg diumumkan sebagai sutradara pada April 2014, selain perusahaan produksinya Amblin Entertainment sebagai produser bersama. Pengambilan gambar utama mulai pada Maret 2015, menandai film penyutradaraan pertama Spielberg untuk Walt Disney Pictures, yang ikut mendanai film ini.

The BFG diputar perdana pada Festival Fiolm Cannes pada 14 Mei 2016, dan melakukan debut Amerika Utara di El Capitan Theater pada 21 Juni 2016. Film ini dirilis di Amerika Serikat dalam Disney Digital 3-D, RealD 3D, IMAX 3D, dan format bioskop konvensional pada 1 Juli 2016, tahun yang sama dengan peringatan ulang tahun Dahl ke-100.

Film ini umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus, meskipun film ini mengecewakan dalam box office menurut para analis, dengan pendapatan seluruh dunia $183,2 juta berbanding anggaran $140 juta.

Sophie, gadis 10 tahun yang tinggal di panti asuhan di London , tetap terjaga membaca sepanjang malam karena insomnia. Pada pukul 3 pagi, atau apa yang disebutnya ” jam sihir “, ia melihat seorang raksasa tua di luar jendelanya. Raksasa menangkapnya dan membawanya ke Negeri Raksasa.

Di sana, ia menjelaskan bahwa Sophie harus tinggal bersamanya selama sisa hidupnya karena dia melihat dia dan tidak boleh mengungkapkan keberadaan raksasa. Dia juga menjelaskan bahwa dia akan menempatkan dirinya dalam risiko jika dia pergi ke tempat terbuka, karena sembilan raksasa lainnya menghuni Negara Raksasa, yang semuanya adalah pemakan manusia dan menyukai rasa anak-anak.

Ketika Sophie terbangun, Fleshlumpeater, pemimpin kekanak-kanakan dari raksasa pemakan manusia (dan yang sama dari mimpi buruk Sophie), memasuki rumah raksasa yang lebih kecil dan mencium Sophie. The Fleshlumpeater hampir melahap Sophie sebelum keluar. Raksasa itu memberi Sophie pakaian pengganti, karena miliknya rusak, dan Sophie meyakinkannya untuk membawanya ke Negeri Mimpi untuk menangkap mimpi bersama. Ketika mereka pergi, mereka secara tidak sengaja membangun Bloodbottler, orang kedua yang lebih cerdas dan cerdik dalam Fleshlumpeater, yang membangkitkan raksasa pemakan manusia lainnya.

Mereka menyiksa dan menggertak raksasa yang ramah itu dengan melemparkannya ke sekeliling seperti sepak bola dan menggulingkannya menuruni bukit di sebuah truk sampah. Saat pasangan itu melarikan diri saat badai petir yang mendorong raksasa pemakan manusia ke dalam gua, Fleshlumpeater dan Bloodbottler menemukan Sophie ‘ Selimut (yang telah dia jatuhkan sebelumnya) dan berencana untuk menemukannya. Mendaki gunung, Sophie mengatakan pada raksasa itu bahwa dia seharusnya tidak mengizinkan raksasa lain untuk menggertaknya.

Pasangan ini tiba di Negeri Impian dan menangkap satu mimpi masing-masing. Sementara di sana, raksasa itu mengungkapkan bahwa satu-satunya alias lain miliknya (selain “Runt” yang oleh raksasa-raksasa lainnya menyebutnya, karena mereka jauh lebih besar) adalah “Raksasa Ramah Besar” dan Sophie memutuskan untuk memanggilnya “BFG”. Keduanya kemudian menuju ke London untuk menyebarkan mimpi baik kepada anak-anak yang sedang tidur.

Ketika mereka melakukannya, Sophie menyadari bahwa dia telah kehilangan selimutnya. BFG menyadari bahwa raksasa pemakan manusia lainnya tahu tentang dia dan dia bangun di luar panti asuhan. Dia menjelaskan bahwa anak manusia terakhir yang diambil dan dibesarkannya ditemukan dan dimakan oleh kelompok Fleshlumpeater. Dia melempar dirinya keluar dari jendela dengan harapan dia akan muncul lagi untuk menangkapnya, dan dia melakukannya.